Pandangan Imam Mazhab tentang Qunut Witir

 


Pandangan Imam Mazhab tentang Qunut Witir
Ilustrasi berdoa qunut (Foto:NOJ/namnak)

Bulan Ramadan telah memasuki pertengahan dan setiap malam ke-16 Ramadhan, imam shalat tarawih menambahkan bacaan qunut ketika shalat witir. Hal ini merujuk inisiatif Umar bin Khattab,
 

Ubay bin Ka'ab dan sahabat lainnya seperti Ibn Umar juga membaca qunut di waktu 15 terakhir bulan Ramadhan. 
 

أن عمر ابن الخطاب جمع الناس على أبي بن كعب فكان يصلي لهم عشرين ليلة ولا يقنت الا في النصب الباقي من رمصان (رواه أبو داود)
 


Artinya: Sesungguhnya Umar bin Khattab berinisiatif mengumpulkan masyarakat agar shalat tarawih bersama (dengan imam) Ubay ibn Ka'b, maka beliau shalat tarawih bersama mereka selama 20 malam, dan beliau tidak baca doa qunut kecuali dalam separuh yang kedua (malam 16 Ramadhan hingga seterusnya). 
 

وَقَدْ رُوِيَ عَنْ عَلِى بْنِ طَالِب رَضِيَ الله عَنْهُ اَنَّهُ كَانَ لَايَقْنُتُ اِلَّا فِى النِّصْفِ الآخِرِ مِنْ رَمَضَانَ، وَكَانَ يَقْنُتُ بَعْدَ الرُّكُوْعِ (رواه الترمذي) (سنن الترمذي، ج ١، ص ١٢)
 

Artinya: Sungguh telah diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib ra. "Sesungguhnya ia tidak berqunut dalam shalat witir kecuali di separuh yang akhir dalam bulan Ramadhan, dan ia berqunut setelah ia rukuk. 
 

 

Penjelasan di atas menandakan bahwa sahabat melakukan qunut di setiap 15 terakahir bulan Ramadhan. Sementara itu, para tabi'in juga demikian.
 


عنِ بْنِ مِسْكِيْنَ قَالَ: كَانَ بْنُ سِيْرِيْنَ يَكرَهُ القُنُوْتَ فِى الوِتْرِ اِلَّا فِى النِّصْفِ الاَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ (الإمام البيهقي: السنن الكبرى، ج ٢، ص ٧٠١)
 

Artinya: Dari Ibnu Miskin, dia berkata, Ibnu Sirin memakruhkan berqunut pada shalat witir kecuali pada paruh terakhir dari bulan Ramadhan. 
 

عَنْ قَتَادَةَ قَالَ: اَلقُنُوْتُ فِى النِّصْفِ الْاَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَان
 

Artinya: Dari Qatadah, dia berkata, qunut itu pada paruh yang terakhir dari bulan Ramadhan (disadur dari kitab Mukhtashar kitab al-Witri: 93)
 

Lalu bagaimana pendapat Imam Mazhab? Berikut pendapat para Imam terhadap membaca qunut di 15 terakhir bulan Ramadhan.
 

1. Mazhab Syafi'i
 

قال الشافعي: ويقنتون فى الوتر فى النصف الآخر من رمضان، وكذلك كان يفعل ابن عمر، ومعاذ القاري (معرفة السنن والأثر، ج ٤، ص ٤٤)
 

Artinya: Mereka berqunut di dalam shalat witir pada pertengahan akhir bulan Ramadhan, seperti itulah dilakukan oleh Ibnu Umar dan Mu'adz al-Qari. 
 

2. Mazhab Maliki​​​​​​​
 

لَايَقْنُتُ فِيْهِ إِلَّا فِى النِّصْفِ الآخِيرِ مِنْ رَمَضَان، رُوِيَ ذلِكَ عَنْ عَلِيُّ وَ أُبَي وَهُوَ قَوْلُ مَالِك وَالشَّافِعِي إِخْتَارَهُ الْاَثْرَمُ لِمَا رُوِيَ أَنَّ عُمَرَ جَمَع النَّاسَ عَلَى أُبَيّ بْنِ كَعْبٍ فَكَانَ يُصَلِّي بِهمْ عِشْرِيْنَ وَلَايَقْنُتُ اِلَّا فِى النِّصْفِ الثَّانِي (شرح الكبير لإبن قدامة، ج ١، ص ٧١٩)
 

Artinya: Dan tidak disunnahkan berqunut pada witir kecuali pada separuh terakhir dari Ramadhan. Riwayat tersebut dari Ali dan Ubay, itulah pendapat Imam Malik dan Imam Syafi'i yang dipilih oleh Imam Atsram, karena berdasarkan riwayat; "Sesungguhnya Umar mengumpulkan umat Islam pada Ubay bin Ka'ab, lalu dia shalat bersama mereka sebanyak dua puluh rakaat dan tidak berqunut kecuali pada separuh kedua. Hadits riwayat abu Dawud." 
 

3. Mazhab Hanafi​​​​​​​
 

القول الرابع: يسن فى وتر كل ليلة من ليالي السنة (بدائع الصنائع، ج ١، ص ٢٧٣)
 

Artinya: Qunut disunnahkan pada setiap shalat witir tiap malamnya tahun (termasuk di bulan Ramadhan) 

 

4. Mazhab Hanbali​​​​​​​
 

قلت إذا كان يقنت النصف الآخر متى يبتدىء قال إذا مضى خمس عشرة ليلة سادس عشرة (تحفة الأحوذي شرح سنن الترميذي، ج ٢، ص ٤٦٣)
 

Artinya: Saya (Abu Dawud bertanya pada Ahmad bin Hanbal), "Jika qunut pada pertengahan akhir bulan Ramadhan, kapankah dimulai?" Ahmad bin Hanbal menjawab, "Jika telah lewat 15, yaitu pada malam 16 Ramadhan."
 

Dari pandangan para Imam Mazhab di atas, sudah jelas bahwa membaca qunut di 15 akhir bulan Ramadhan adalah sunnah, dan dibolehkan oleh umat Islam untuk membacanya. 



Editor: 

Komentar